Cinta Halal Ini

Daisypath Anniversary tickers

Monday, December 17, 2012

Bunga Mawar is 5 month :)

Assalamualaikum...

Yeay baru balik dari cuti panjang bersama family di cameron higland....waaa esok hubby nak g indon plak.

Hari ini 17hb, genap Wan Mawar Adawiyah 5 bulan...Alhamdulillah membesar dengan keadaan sihat wa'alfiat :)


Pada usia bayi yang kelima bulan maka perkembanganya semakin pesat. Sang bayi sudah semakin mahir untuk mempergunakan segala fungi organ tubuhnya. Pada perkembangan bayi 5 bulan, si bayi sudah bisa membuat berbagai suara dengan lidah dan bibirnya. Suara yang paling sering terdengar adalah suara berdecak dan menggumam, selain itu, bayi usia 5 bulan juga sudah bisa dan mulai mempelajari suara-suara disekitarnya dan kemudian menirunya. Ini adalah sebenarnya mekanisme bayi untuk memulai kemampuan berbahasanya. Sehingga anda akan sering mendengar bayi menggumamkan kata-kata atau suara yang sama berulang kali.
- Mawar memang suka berborak dan membebel :)

Pada fase perkembangan usia inilah juga bayi usia 5 bulan bisa mulai tertawa. Untuk merangsang sang bayi agar tertawa atau membuat suara dengan mulutnya, cobalah membuat tanggapan saat bayi anda tertawa ataupun anda membuat gerakan yang bisa merangsang bayi untuk tertawa. Selain itu, dengan kemampuan awal berbahasanya, bayi usia 5 bulan sudah bisa memberikan suara yang berbeda ketika dia lapar atau sedang pup.
Pada perkembangan bayi 5 bulan, bayi akan lebih suka didudukan dalam posisi tegak walau pada awalnya dia akan bertumpu pada tangannya. Sebaiknya bayi usia 5 bulan anda dudukan dengan cara diberi sandaran bantal atau anda sandarkan ke tubuh anda untuk membuat sang bayi cepat kuat duduk dan menghindari punggung yang bengkok. Pada saat bayi usia 5 bulan duduk anda bisa mengenalkan gelas minum bermoncong. Pilih gelas bermoncong yang mempunyai dua pegangan dan terbuat dari bahan yang tidak tajam dan tidak mudah pecah karena bayi anda akan sering membantingnya atau memukul-mukulkanya ke lantai. Saat mengajari minum dengan gelas bermoncong, maka akan banyak air yang tumpah, maka sebaiknya beri lembaran kain yang menyerap air dibawah dagu bayi saat dia minum.
- Mawar memang suka ditegakkan berbanding dibaringkan :)

Cukup kuat untuk makan sendiri

Walaupun bayi anda mungkin berupaya untuk memegang botol susu sendiri, jangan dudukkan bayi anda dan membiarkannya makan sendiri. Bayi anda akan berupaya duduk sendiri dengan lebih baik dan menggenggam objek kecil hanya selepas usia enam bulan. Pada bulan ini, anda perlu terus menggunakan waktu makan untuk mendakap, memegang dan memanjakan bayi anda – tidak lama lagi bayi anda akan menjadi sangat berdikari dan akan mengelak ciuman dan dakapan anda. Bayi anda mungkin telah menunjukkan tanda-tanda yang dia sudah bersedia untuk makanan pejal -- jika dilihat pengurangan refleks menjelir lidah secara automatik dan peningkatan minat terhadap makanan yang sedang dimakan oleh anda dan orang lain. Walau bagaimanapun, hanya susu ibu atau susu formula yang diperlukannya sehingga dia berusia enam bulan. 
~ Mawar suka menjelir lidah dan toleh bila tgk orang lain makan , Insyallah bakal memperkenalkan makanan pejal pada mawar 

Tips

Tips yang bisa anda lakukan pada perkembangan bayi 5 bulan adalah mendorong dan merangsang pertumbuhan dan kemampuan bayi. Hal ini bisa anda lakukan dengan memberi pujian berupa tepuk tangan, ciuman, ataupun senyuman saat bayi anda berhasil berguling, meraih benda yang diletakkan jauh darinya, atau melakukan sesuatu yang jarang dia lakukan. Anda juga sudah bisa memperkenalkan warna cerah padanya dengan memberikan gambar poster dengan warna cerah ataupun mempergunakan media yang mencolok agar kemampuan visual bayi berkembang sempurna.
~ Mawar dah mampu kehadapan nak capai objek yang ada didepannya dan selalunya kereta atau keteapi abangnya :)


~ Cik Wan Mawar Adawiyah semakin membesar.. ~

3 comments:

Tukang Komen :)